5 Makanan Pembersih bagian Paru-Paru Perokok

Organ paru-paru manusia dapat berubah menjadi kotor, terutama organ paru-paru milik para perokok. Bahkan untuk berhenti dari kebiasaan tak sehat tersebut pun masih harus memerlukan waktu lama. Banyak juga kasus di mana meski perokok sudah meninggalkan kebiasaannya tersebut, paru-paru tetap dalam kondisi yang buruk.

Mencoba berhenti merokok atau sudah berhenti merokok perlu diimbangi juga dengan merawat bagian paru-paru secara tepat dan juga alami. Pastikan bahwa anda harus menjalani beberapa tips diet sehat supaya paru-paru bisa lebih cepat bersih dan sehat kembali. Berikut ini akan diulas makanan-makanan pembersih paru-paru yang terjamin alami sehingga wajib untuk dicoba supaya paru-paru selalu terjaga kebersihan dan kesehatannya, seperti yang dilansir dari Halosehat.com, Kamis (17-05-2018).

Yogurt

Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa yogurt merupakan salah satu makanan berprobiotik tinggi sehingga memang akan memberikan tubuh kita berbagai bakteri-bakteri baik yang akan melawan bakteri jahat. Paru-paru yang masih dalam kondisi kotor dan tak sehat akan dengan mudah terserang infeksi maupun kanker, jadi mengonsumsi yogurt akan sangat berguna berkat zat-zat baik yang dihasilkannya.

Bawang Putih

Walau banyak orang lebih mengkhawatirkan efek samping dari bawang putih yang dikonsumsi terlalu sering atau banyak, sebenarnya bumbu dapur yang satu ini memberikan banyak manfaat kesehatan. Salah satu peran pentingnya adalah sebagai pembunuh bakteri pemicu infeksi paru-paru oleh senyawa allicinnya. Sebagai bagian dari bumbu dapur berantimikroba, antiparasit, antijamur, antibakteri, antivirus serta antiprotozoa, bawang putih juga bagus untuk kesehatan jika dikonsumsi mentah-mentah.

2. Buah Berry

Bagi anda yang ingin membersihkan paru-paru, ada juga jenis buah-buahan yang bisa diandalkan. Buah berry merupakan salah satu makanan yang mampu membersihkan paru-paru sekaligus merawatnya dengan kandungan zeaxanthin, lutein, karoteinoid dan flavonoid. Paru-paru yang kotor juga biasanya mengandung karsinogen dan zat tersebut dapat dihilangkan dengan mengonsumsi buah berry secara rutin, baik itu dimakan secara langsung maupun dijus atau sebagai tambahan makanan lain.

Raspberry
Blueberry
Cranberry
Blackberry
Strawberry

Kelima buah berry tersebut akan membantu memenuhi vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh dan melawan segala jenis penyakit yang hendak menyerang organ paru-paru.

3. Kunyit

Rempah-rempah khas Indonesia yang satu ini merupakan jenis rempah atau makanan yang cocok untuk membersihkan paru-paru anda. Apabila anda seorang perokok yang berniat untuk berhenti, silakan mengonsumsi rempah-rempah yang satu ini secara rutin sebab zat kurkuminnya akan membantu menurunkan risiko radang paru-paru hingga menghilangkan zat pemicu kanker paru-paru.

4. Jeruk Bali

Khasiat dari jeruk bali untuk kesehatan memang sangat besar, tak terkecuali untuk kesehatan organ paru-paru. Mengonsumsi jeruk bali ternyata juga mampu mencegah perkembangan sel kanker sehingga pastinya mampu melawan kanker paru-paru. Kandungan vitamin C di dalamnya juga akan menjadi penghambat kinerja enzim pengaktif sel kanker di paru-paru, maka saya sarankan anda untuk mengkonsumsinya jika anda perokok aktif yang berupaya berhenti.

Sumber: http://idstory.ucnews.ucweb.com/story/1275379903439880?
Phaul Heger

Terlahir dimasa pendudukan, bangsa dan tanah air harus terbebas karena kemerdekaan ialah hak setiap bangsa.

Lebih baru Lebih lama