Tips - Peluang Usaha Saat Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan sebentar lagi akan tiba. Bulan yang ditunggu tunggu semua orang khususnya umat muslim yang di wajibkan berpuasa di bulan itu. Kenapa Bulan puasa Ramadhan ditunggu tunggu oleh banyak orang? Karena imbas dari bulan puasa tak hanya dirasakan umat muslim tapi juga non muslim. Khususnya di bidang ekonomi, hampir bisa dipastikan meski umat muslim harus berpuasa di siang hari tidak makan dan minum, namun kebutuhan konsumsi mulai dari makanan hingga pakaian justru melonjak tinggi. Sehingga lahir banyak peluang peluang bisnis yang bisa dimanfaatkan saat bulan puasa.

Mumpung bulan puasa belum tiba, masih ada waktu untuk kita mempersiapkan peluang bisnis apa yang ada saat bulan puasa. Dan memilih yang mana yang bisa kita jalankan.

Berikut ini 7 Peluang usaha terlaris saat bulan Ramadhan

1. Makanan Takjil

Segala jenis makanan yang disajikan pada saat berbuka puasa atau biasa disebut dengan takjil selalu menjadi incaran untuk berbuka. Berbagai jenis makanan, seperti risol, bakwan, tempe goreng, tahu goreng, pisang goreng, kroket, pastel, martabak, asinan, kolak, dan bubur sum-sum selalu laris terjual setiap hari di bulan puasa.

2. Minuman Berbuka Puasa

Setelah Menahan Lapar dan dahaga seharian membuat setiap orang mengidamkan minuman segar ketika berbuka. Hal ini menjadi peluang yang tak kalah ramainya ketika menjelang berbuka puasa juga dikeliling oleh penjual minuman. Berbagai jenis minuman, seperti es teh, es kelapa, es campur, es buah, sop buah, es pisang ijo, segala macam jus buah juga menjadi buruan orang-orang yang akan berbuka puasa.

3. Kue Lebaran

Memasuki bulan suci ramadan, masyarakat tentunya juga menunggu datangnya hari kemenangan di Hari Raya Idul Fitri. Di hari kemenangan tersebut, tradisi di masyarakat kita adalah saling berkunjung ke rumah keeluarga, saudara, tetangga dan sahabat lainnya. Tentu sebagi tuan rumah kita semua ingin menyajikan hidangan dan jamuan terbaik yang untuk disajikan kepada para tamu yang akan berkunjung ke rumah. Maka permintaan atas kue lebaran pun melonjak sangat tinggi saat bulan Ramadhan khususnya menjelang lebaran.

4. Pakaian dan Busana Muslim

Bulan Ramadhan memiliki nuansa religi yang terasa begitu kental sepanjang bulan. Hal ini membuat keseharian kita pun lebih banyak diisi dengan kegiatan keagamaan. Termasuk menggunakan pakaian, di bulan puasa busana muslim dikenakan setiap hari sehingga peluang atas bisnis ini sangat tinggi. Apalagi menjelang lebaran, dimana tradisi di beberapa daerah masyarakatnya mengenakan baju baru saat lebaran.

5. Ketupat

Ketupat adalah makanan yang sangat identic dengan bulan puasa terutama saat Idul Fitri atau lebaran. Hampir setiap rumah di Indonesia menyediakan makanan tersebut untuk dihidangkan saat lebaran. Namun tidak semua orang dapat membuat olahan ketupat yang menggunakan daun kelapa itu. Sehingga hal ini menjadi lahan rezeki yang begitu besar bagi mereka yang bisa membuat ketupat.

6. Kembang Api

Meski peredaran kembang api sudah seringkali menjadi perhatian dan pengawasan pihak berwajib. Namun perayaan kembang api di bulan Ramadhan yang identhik dengan keceriaan dan kemenangan, serta tradisi yang sudah menurun dari dulu masih sulit untuk di hentikan. Sehingga kembang api masih menjadi sebuah peluang usaha yang menjanjikan untuk dijalankan. Hanya saja kita perlu jeli, berhati hati dan memilih untuk menjual kembang api yang tidak berbahaya, agar tidak terjadi hal hal yang tidak diinginkan.

7. Parsel

Barang yang biasanya ditunggu-tunggu saat menjelang hari raya lebaran adalah saling berkirim parsel dengan keluarga, saudara dan rekan-rekan. Parsel ini menjanjikan peluang yang cukup besar di hari raya, termasuk di hari lebaran. Kebiasaan ini menjadi begitu tenar terutama di kalangan menengah ke atas saat lebaran tiba.

Sekian 7 Peluang Usaha/Sampingan Terlaris Saat Bulan Ramadhan, yang bisa Anda pilih dan lakukan baik berjualan secara online maupun offline. usaha  (www.kampuspencetakpengusaha.com)
Phaul Heger

Terlahir dimasa pendudukan, bangsa dan tanah air harus terbebas karena kemerdekaan ialah hak setiap bangsa.

Lebih baru Lebih lama